Pengaruh Teknik Pemodelan Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman

Lindasari, Astuti (2016) Pengaruh Teknik Pemodelan Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ASTUTI_LINDASARI_1200899_4275_2016.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman sebelum menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar, (2) keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman setelah menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar, dan (3) pengaruh teknik pemodelan berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis teks deskripsi dan teori teknik pemodelan berbantuan media gambar. Teori mengenai teks deskripsi berupa pengertian teks deskripsi, struktur teks deskripsi, unsur kebahasaan teks deskripsi, fungsi teks deskripsi, contoh teks deskripsi, dan indikator keterampilan menulis teks deskripsi. Selanjutnya, teknik pemodelan berbantuan media gambar, berupa teknik pemodelan dan media gambar. Teori yang digunakan selanjutnya adalah penerapan teknik pemodelan berbantuan media gambar dalam pembelajaran teks deskripsi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 35 orang. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman. Data penelitian adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman sebelum menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar dan skor hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi setelah menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar. Data dianalisis dengan rumus uji-t. instrument penelitian adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman sebelum menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar memiliki rata-rata 55,40 yang berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC). Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar memiliki rata-rata 77,14 yang berada pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman lebih tinggi dengan menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar dibanding sebelum menggunakan teknik pemodelan berbantuan media gambar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17961

Actions (login required)

View Item View Item