Hubungan Kemampuan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang

Asep, Asep (2015) Hubungan Kemampuan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ASEP_1519_2015.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan kemampuan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang. Teori utama yang digunakan ada tiga. Ketiga teori tersebut adalah: (1) hakikat menulis teks eksposisi, (2) kemampuan penguasaan kosakata, dan (3) hubungan kemampuan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks eksposisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data kemampuan penguasaan kosakata dan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks eksposisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA negeri 7 Padang pada tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 288 orang yang tersebar dalam sembilan kelas. Jumlah sampel penelitian ini adalah 36 orang diambil secara acak. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 56,73. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi cukup dengan nilai rata-rata 57,71. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa penguasaan kosakata sangat berpengaruh terhadap keterampilan menulis teks eksposisi. Berdasarkan analisis, deskripsi data dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kemampuan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Padang dengan nilai t hitung (6,61) lebih besar dari t tabel (1,70). Oleh karena itu, hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis penelitian (H1). Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa nilai penguasaan kosakata siswa yang rendah akan berpengaruh terhadap hasil menulis teks eksposisi siswa, dan sebaliknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17960

Actions (login required)

View Item View Item