Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Pariaman

Yolanda, Ari (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMK Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ARI_YOLANDA_1200845_577_2016.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman. Ketiga, menganalisis hubungan keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 139 orang dan tersebar dalam enam kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 42 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis karangan deskripsi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LDC) dengan nilai rata-rata (67,38). Kedua, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LDC) dengan nilai rata-rata (71,96). Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan n-1 karena thitung>ttabel, yaitu 34,28>1,68. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LDC) dengan nilai rata-rata (67,38). Kedua, keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LDC) dengan nilai rata-rata (71,96). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMK Negeri 4 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17959

Actions (login required)

View Item View Item