Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Biografi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

Annisa Rizky, Fitria (2015) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Cerita Biografi dengan Keterampilan Menulis Teks Cerita Biografi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ANNISA_1100823_5246_2015.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIIISMP Negeri 31Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang yang terdaftar pada tahun 2014/2015. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan membaca pemahaman teks cerita biografi dengan keterampilan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Data penelitian ini adalah skor keterampilan membaca pemahaman teks cerita biografi dengan keterampilan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji linearitas, uji normalitas, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif, yaitu keterampilan membaca pemahaman teks cerita biografi dan tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks cerita biografi. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks cerita biografi berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung (85,45). Kedua, keterampilan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang berada pada kualifikasi baik dengan rata-rata hitung (85,83). Ketiga, terdapat hubungan keterampilan membaca pemahaman teks cerita biografi dengan keterampilan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIIISMP Negeri 31 Padang. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan membaca pemahaman teks cerita biografi dengan keterampilan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIII SMP Negeri 31 Padang pada derajat kebebasan n-1 dengan taraf kepercayaan 95%, thitung lebih besar dari ttabel yaitu 21,32>1,68. Dengan kata lain, semakin baik tingkat keterampilan membaca pemahaman teks cerita biografi, semakin tinggi pula tingkat keterampilan menulis teks cerita biografi siswa kelas VIIISMP Negeri 31 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17958

Actions (login required)

View Item View Item