Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang

Larici, Anggie (2015) Hubungan Keterampilan Memahami Teks Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ANGGIE_LARICI_12088_1214_2015.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan memahami teks cerpen, keterampilan menulis teks cerpen, dan menganalisis hubungan keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015. Kemudian dilakukan penarikan sampel sebanyak 32 orang. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis instrumen, yaitu tes objektif dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengetahui keterampilan memahanmi teks cerpen dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks cerpen. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan langkah sebagai berikut. Pertama, memeriksa hasil tes objektif keterampilan memahami teks cerpen siswa dan memberi skor. Kedua, memeriksa hasil tulisan siswa sesuai dengan aspek yang dinilai yaitu unsur-unsur pembangun cerpen. Ketiga, skor yang diperoleh oleh siswa pada masing-masing tes diolah menjadi nilai. Keempat, mencari rata-rata hitung hasil tes siswa. Kelima, mengklasifikasikan hasil tes siswa. Keenam, menyajikan histogram dari masing-masing tes secara keseluruhan. Ketujuh, mengkorelasikan kedua variabel. Kedelapan, melakukan pengujian hipotesis. Kesembilan, menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan hal-hal berikut. Pertama, keterampilan memahami teks cerpen berada pada kualifikasi baik (81,24) pada rentangan 76-85%. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen berada pada kualifikasi lebih dari cukup (67,57) pada rentangan 66-75%. Ketiga, terdapat hubungan antara keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Hubungan antara keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 12 Padang adalah 0,83 dengan thitung > ttabel (8,15 > 1,70). Hal ini berarti terdapat hubungan positif antara keterampilan memahami teks cerpen dengan keterampilan menulis teks cerpen, dan besarnya hubungan kedua variabel tersebut adalah 0,83.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17957

Actions (login required)

View Item View Item