Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang

Darwina, Amelia (2016) Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_AMELIA_DARWINA_1200851_4150_2016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang sebelum menggunakan teknik Copy The Master. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang sesudah menggunakan teknik Copy The Master. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan teknik Copy The Master terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelasX SMA Negeri 3Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design dikatakan juga sebagai desain sebelum dan sesudah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang sebelum dan sesudah menggunakan teknik Copy The Master. Data penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang sebelum dan sesudah menggunakan teknik Copy The Master. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes keterampilan menulis cerpen. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Tes disusun berdasarkan indikator yang digunakan. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang sebelum menggunakan teknik Copy The Master berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup ( LdC ) dengan rata-rata 67,40. Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang sebelum menggunakan teknik Copy The Master berada pada kualifikasi Baik (B) dengan rata-rata 85,21. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = (n1+n2)–2 karena thitung> ttabel(7,33 > 1,67). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang Panjang sesudah menggunakan teknik Copy The Master lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan teknik Copy The Master. Dengan kata lain, teknik Copy The Master berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelasX SMA Negeri 3Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17955

Actions (login required)

View Item View Item