Hubungan Keterampilan Menyimak Apresiatif Cerpen dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Adabiah 1 Padang

Saputra, Akmal (2016) Hubungan Keterampilan Menyimak Apresiatif Cerpen dengan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Adabiah 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_AKMAL_SAPUTRA_1200884_1358_2016.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak apresiatif cerpen siswa kelas X SMA Adabiah 1 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah 1 Padang. Ketiga, menganalisis hubungan keterampilan menyimak apresiatif cerpen dengan keterampilan menulis cerpen kelas X SMA Adabiah 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yaitupenelitian korelasional.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Adabiah 1 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 345 orang yang tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 33 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling.Variabel penelitian ini adalah keterampilan menyimak apresiatif cerpen variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks cerpen sebagai variabel terikat (Y).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif untuk keterampilan menyimak apresiatif cerpen dan tes unjuk kerja untuk keterampilan menulis cerpen. Data penelitian berupa skor keterampilan menyimak apresiatif dan skor keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah 1 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menyimak apresiatif cerpen siswa kelas X SMA Adabiah 1 Padang berkualifikasi baik, dengan rata-rata nilai 79,67 berada di bawah KKM (82). Kedua, keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah 1 Padang berkualifikasi baik, dengan rata-rata nilai 81,92 berada di bawah KKM (82). Ketiga,terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan menyimak apresiatif cerpen dengan keterampilan cerpen siswa kelas X SMA Adabiah 1 Padangpada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) =n-1 karena thitung > ttabel yaitu 2,762 > 2,042. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan linier yang berarti antara keterampilan menyimak apresiatif cerpen dengan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah 1 Padang dengan tingkat kepercayaan 95%. Dengan kata lain,apabila keterampilan menyimak apresiatif cerpen siswa baik, maka keterampilan menulis cerpen siswa juga baik.Sebaliknya, apabila keterampilan menyimak apresiatif cerpen buruk, maka keterampilan menulis cerpen siswa juga buruk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17952

Actions (login required)

View Item View Item