Hubungan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman

Wirdianni, Afriza (2015) Hubungan Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_AFRIZA_WIRDIANNI_616_2015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariman. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2014/2015, yaitu 270 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan propotional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Variabel penelitian ini adalah penguasaan kosakata sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif dan tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data, yaitu menguji tingkat penguasaan kosakata siswa dan menugasi sampel menulis teks laporan hasil observasi. Data penelitian ini berupa skor tes penguasan kosakata dan skor tes keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Uji persyaratan analisis data, yaitu uji linearitas dan uji normalitas. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Hasil penelitian ini, yaitu sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang AnaiKabupaten Padang Pariman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (66,43). Kedua, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang AnaiKabupaten Padang Pariaman berada pada kualifikasi cukup (64,02).Ketiga, terdapat hubungan signifikan antara penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariman pada taraf signifikan 95% dengan dk=n-1. Berdasarkan uji-t hipotesis diterima karena t hitung> t tabel yaitu 34,05 > 1,68. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan tentang hubungan penguasaan kosakata dan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi memiliki hubungan pada taraf signifikan 95% yaitu t table> t hitung dengan dk=n-1. Dengan kata lain, apabila penguasaan kosakata siswa baik, keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa akan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17950

Actions (login required)

View Item View Item