Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Berita dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang

Nency, Afrila Purya (2016) Hubungan Keterampilan Membaca Pemahaman Berita dengan Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_AFRILA_PURYA_NENCY_1200913_4763_2016.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Ketiga, mendeskripsikan hubungan antara keterampilan membaca pemahaman berita dan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 259 orang dan tersebar dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang yang ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data penelitian diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektf dan tes unjuk kerja. Tes objektif digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan membaca pemahaman berita, sedangkan tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis berita. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi baik (81,58). Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang berada pada kualifikasi baik (80,14). Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman berita dan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang pada derajat kebebasan n—1 dan taraf kepercayaan 95%. Hal itu terlihat dari hasil pengujian yang membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (12,57>1,68).Selain itu, interpretasi nilai uji korelasi menunjukkan korelasi kedua variabel tinggi, yaitu 0,898. Dengan kata lain, keterampilan membaca pemahaman berita dapat meningkatkan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17949

Actions (login required)

View Item View Item