Pengaruh Penerapan Teknik Objek Langsung terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang

Handayani, Afrida (2016) Pengaruh Penerapan Teknik Objek Langsung terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_AFRIDA_HANDAYANI_1200900_3108_2016.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dalam penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang sebelum penerapan teknik objek langsung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang setelah penerapan teknik objek langsung. Ketiga, menganalisis pengaruh penerapan teknik objek langsung terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang. Teori yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini yaitu keterampilan menulis puisi, teknik objek langsung, dan penerapan teknik objek langsung terhadap keterampilan menulis puisi. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Jenis eksperimen yang dilakukan pada penelitian ini adalah eksperimen semu. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 286 siswa yang tersebar dalam sembilan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.8 yang berjumlah 32 orang. Teknik yang digunakan dalam penarikan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis puisi sebelum dan setelah penerapan teknik objek langsung. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi sebelum penerapan teknik objek langsung siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 67,55. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang setelah penerapan teknik objek langsung berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 76,20. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf signifkansi 95% dengan dk = (n1 + n2) – 2, disimpulkan bahwa thitung > ttabel (3,09>1,70). Dengan kata lain, penerapan teknik objek langsung berpengaruh dan layak digunakan terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17948

Actions (login required)

View Item View Item