Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang

Adidah, Adidah (2016) Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ADIDAH_120860_4002_2016.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang tanpa menggunakan media gambar berseri, 2) mendeskripsikan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang dengan menggunakan media gambar berseri, 3) mendeskripsikan pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap tingkat keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan statis dua kelompok (kontrol-eksprimen). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Adabiah Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 301 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.4 sebagai kelas kontrol dan kelas X.9 sebagai kelas eksprimen, masing-masing kelas berjumlah 30 orang, dengan penarikan sampel purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan media gambar berseri dan dengan menggunakan media gambar berseri. Intrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis menulis cerpen tanpa dan dengan menggunakan media gambar berseri. Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang tanpa menggunakan media gambar berseri dan skor hasil tes keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang dengan menggunakan media gambar berseri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah statis dua kelompok. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis cerpen tanpa menggunakan media gambar berseri siswa kelas X SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 67,78. Kedua, keterampilan menulis cerpen dengan menggunakan media gambar berseri siswa kelas X SMA Adabiah Padang berada pada kualifikasi baik dengan nilai rata-rata 76,55. Ketiga, berdasarkan uji-t pada taraf 0,05 diperoleh thitung > ttabel (5,54> 1,70). Jadi, dapat dikatakan bahwa H1 diterima. Hal itu berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang dengan menggunakan media gambar berseri lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan media gambar berseri. Perbedaan itu terlihat signifikan berdasarkan uji-t, thitung>ttabel, yaitu 5,54>1,70. Dengan kata lain, penggunaan media gambar berseri berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Adabiah Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:04
Last Modified: 03 Oct 2018 09:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17945

Actions (login required)

View Item View Item