Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Tenaga Kerja pada Usaha Ikan Mas di Kenagarian Tarung-Tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman

Maryam, Siti (2016) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Tenaga Kerja pada Usaha Ikan Mas di Kenagarian Tarung-Tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_SITI_MARYAM_1103445_2016.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) upah terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. (2) Harga ikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. (3) jumlah pakan ikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian TarungTarung. (4) jumlah bibit ikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. (5) luas kolam terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. (6) produksi terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. (7) secara bersama-sama, upah, harga ikan, jumlah pakan, bibit ikan, luas kolam, dan produksi terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. data dalam penelitian ini adalah data primer yang diambil pada bulan September 2015. Teknik pengumpulan data observasi langsung dengan membagikan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jumlah kepala keluarga usaha kolam ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung, dengan jumlah sampel sebanyak 82 usaha kolam ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung menggunakan teknik analisis purposive sampling. Sedangkan analisis induktif dalam penelitian ini mencakup (1) Analisis regresi linear berganda; (2) Uji multikolinearitas; (3) Uji heterokedastisitas; (4) Uji Normalitas Residual (5) Koefisien determinasi; (6) Uji t; dan (7) Uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Secara parsial upah berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung (2) Secara parsial harga ikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung (3) Secara parsial jumlah pakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. (4) Secara parsial bibit ikan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. (5) Secara parsial luas kolam berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung. (6) Secara parsial jumlah produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung (7) Secara bersama-sama upah, harga ikan, jumlah pakan, bibit ikan, luas kolam, dan produksi berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah permintaan tenaga kerja pada usaha ikan mas di Kenagarian Tarung-Tarung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:03
Last Modified: 03 Oct 2018 09:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17914

Actions (login required)

View Item View Item