Penentuan Komoditi Perkebunan Unggulan dalam Rangaka Peningkatan Kesempatan Tenaga Kerja, Pendapatan dan Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Solok Selatan

Afdi, Meri (2016) Penentuan Komoditi Perkebunan Unggulan dalam Rangaka Peningkatan Kesempatan Tenaga Kerja, Pendapatan dan Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_MERI_AFDI_18979_2017.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penentuan komoditi perkebunan unggulan dalam rangka peningkatan kesempatan tenaga kerja, pendapatan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif yaitu penelitian berdasarkan pada data yang di hitung untuk menghasilkan penaksiran kuantitatif yang kokoh, dalam rangka menentukan peningkatan kesempatan tenaga kerja, pendapatan dan pertumbuhan ekonomi di Kabupataen Solok Selatan pada bulan November 2015. Analisis yang digunakan adalah analisis AHP(analitical hierarchy process). Analisis ini menggunakan aplikasi exspert choice dan dibantu dengan microsoft excel untuk mengolah data mentah dalam menentukan rangking disetiap kriteria dan alternatif- alternatif yang menentukan tujuan penelitian untuk mendapatkan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan kreteria peningkatan kesempatan tenaga kerja maka komoditi perkebunan unggulan adalah komoditi karet. (2) berdasarkan kreteria peningkatan pendapatan maka komoditi perkebunan unggulan adalah komoditi karet.(3) berdasarkan kreteria pertumbuhan ekonomi maka komoditi perkebunan unggulan adalah komoditi karet (4) komoditi yang cocok dikembangkan disetiap Kecamatan: a). Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh komoditi yang cocok adalah komoditi kopi, b). Kecamatan Sungai Pagu komoditi yang cocok adalah komoditi kopi, c). Kecamatan Alam Pauh Duo komoditi yang cocok adalah komoditi karet, d). Kecamatan Sangir komoditi yang cocok adalah komoditi kopi, e). Kecamatan Sangir Jujuan komoditi yang cocok adalah komoditi kelapa sawit, f). Kecamatan Sangir Batang Hari komoditi yang cocok adalah komoditi kelapa sawit, dan terakhir kecamatan Sangir Balai Janggo komoditi yang cocok adalah komoditi kelapa sawit. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan agar pemerintahan Kabupaten Solok Selatan dapat mendorong dalam pemilihan komoditi yang tepat untuk menunjang perekonomian di Kabupaten Solok Selatan, dan dapat dikembangkan disetiap Kecamatan sesuai dengan krakter wilayah. Dan pemerintah dapat memberikan informasi tentang komoditi yang akan dikembangkan maupun pengetahuan dalam pemilihan komoditi yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:03
Last Modified: 03 Oct 2018 09:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17896

Actions (login required)

View Item View Item