Pengaruh Pendapatan Perkapita, Penduduk Usia Non Produktif, dan Penerimaan Pajak tehadap Jaminan Sosial Kabupaten Kota di Sumatera Barat

Mustika, Mega (2016) Pengaruh Pendapatan Perkapita, Penduduk Usia Non Produktif, dan Penerimaan Pajak tehadap Jaminan Sosial Kabupaten Kota di Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_MEGA_MUSTIKA_16279_2016.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) pendapatan perkapita, (2) penduduk usia non produktif, dan (3) penerimaan pajak terhadap pengeluaran untuk jaminan sosial kabupaten dan kota di Sumatera Barat. (4) Serta untuk meliat pengaruh secara bersama-sama antara variabel bebas dan variabel terikat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder dalam bentuk data panel dari 19 kabupaten dan kota di Sumatera Barat dengan series tahun 2011-2013. Teknik pengumpulan data dokumentasi melalui Badan Pusat Statistik Sumatera Barat dan DJPK depkeu.go.id. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif Model Regresi Panel. Pada analisis induktif terdapat beberapa uji yaitu: Uji Asumsi Klasik, Uji t, dan Uji F dengan tingkat α sebesar 5%. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pendapatan perkapita terhadap pengeluaran untuk jaminan sosial di Kabupaten/Kota Sumatera Barat. (2) Penduduk usia non produktif/lansia berpengaru positif dan tidak signifikan terhadap pengeluaran untuk jaminan sosial kabupaten kota di provinsi Sumatera Barat. (3) penerimaan pajak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengeluaran untuk jaminan sosial di kabupaten/Kota Sumatera Barat. (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendapatan perkapita, penduduk usia non produktif/lansia, dan penerimaan pajak secara bersama-sama terhadap pengeluaran untuk jaminan sosial kabupaten kota di provinsi Sumatera Barat. Saran yang direkomendasikan dalam penelitian ini yaitu (1) pemerintah perlu mempertimbangkan alokasi dana untuk jaminan sosial dari total APBD yang masih rendah. (2) pemerintah sumatera barat perlu meningkatkan pendapatan perkapita dengan cara menggiatkan usaha disemua sektor perekonomian yang dapat memicu perkembangan ekonomi sehingga akan meningkatkan pendapatan daerah yang diperoleh dari pajak dan retribusi. (3) untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor-faktor lain yang juga berpengaruh terhadap pengeluaran pemerintah untuk jaminan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:03
Last Modified: 03 Oct 2018 09:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17895

Actions (login required)

View Item View Item