Analisis Pengaruh Karakteristik Rumah Tangga Terhadap Keputusan Lulusan SLTA Untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Provinsi Sumatera Barat

Hermindo, Marizet (2016) Analisis Pengaruh Karakteristik Rumah Tangga Terhadap Keputusan Lulusan SLTA Untuk Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_MARIZET_HERMINDO_13658_2016.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik rumah tangga terhadap keputusan lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, adapun faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah pendidikan kepala keluarga, jumlah anggota rumah tangga, jenis kelamin serta mengkaji kontribusi pendapatan rumah tangga dan wilayah tempat tinggal terhadap keputusan lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan di Provinsi Sumatera Barat dimana data diperoleh melalui susenas( survei ekonomi nasional) tahun 2013 dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukan ada tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikatnya dengan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis regresi logistic. Keputusan lulusan SLTA melanjutkan pendidikan ke Perguruan tinggi sebagai variabel dependen dan variabel independent nya adalah pendapatan rumah tangga, pendidikan kepala keluarga, jumlah anggota rumah tangga, jenis kelamin, tempat tinggal. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa variabel pendapatan rumah tangga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi, sedangkan variabel pendidikan kepala kelurarga memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan keperguruan tinggi. Variabel jumlah anggota rumah tangga memilki pengaruh yang signifikan yang negatif terhadap keputusan Lulusan SLTA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Variabel jenis kelamin memilki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan lulusan SLTA melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan juga variabel tempat tinggal memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan anak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kata Kunci: Keputusan Lulusan SLTA untuk Melanjutkan Pendidikan Keperguruan Tinggi, Karakteristik Rumah Tangga, pendapatan, regresi logistic, Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:03
Last Modified: 03 Oct 2018 09:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17893

Actions (login required)

View Item View Item