Analisis Penanganan Dampak Kemacetan Lalulintas Di Jalan Prof. Dr. Hamka Padang dengan Metode Analisis Hirarki Proses (AHP)

Devita, Dara Aprilia (2016) Analisis Penanganan Dampak Kemacetan Lalulintas Di Jalan Prof. Dr. Hamka Padang dengan Metode Analisis Hirarki Proses (AHP). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_DARA_APRILIA_DEVITA_56582_2017.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: (1) Penanganan dampak kemacetan lalulintas di jalan Prof. Dr. Hamka Padang yaitu dari aspek ekonomi. (2) Faktor yang paling dominan dalam penanganan dampak kemacetan lalulintas dari aspek lingkungan. (3) Faktor yang paling dominan dalam penanganan dampak kemacetan lalulintas dari segi aspek kelembagaan. Penelitian ini tergolong pada penelitian kuantitatif yaitu penelitian dalam rangka upaya penanganan dampak kemacetan lalulintas di jalan Prof. Dr. Hamka Padang. Penelitian ini dilaksanakan di jalan Prof. Dr. Hamka Padang pada bulan Oktober 2015. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis AHP (analytical hierarcy process). Analisis ini menggunakan aplikasi expert choice dan dibantu dengan microsoft excel untuk mengolah data mentah yang ada untuk mendapatkan hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Upaya penanganan dampak kemacetan lalulintas di jalan Prof. Dr. Hamka Padang yang paling dominan dari aspek ekonomi adalah penyediaan terminal, penyediaan terminal ini diperuntukkan untuk angkutan luar dan dalam kota Padang agar dapat menaikkan dan menurunkan penumpang di terminal yang disediakan. (2) Upaya penanganan dampak kemacetan lalulintas di jalan Prof. Dr. Hamka Padang yang paling dominan dari segi aspek lingkungan adalah himbauan terhadap penggunaan BBM ramah lingkungan yaitu dengan cara membuat motto atau slogan-slogan yang menarik perhatian pengguna jalan Prof. Dr. Hamka Padang. (3) Upaya penanganan dampak kemacetan lalulintas di jalan Prof. Dr. Hamka Padang yang paling dominan dari segi aspek kelembagaan adalah penyediaan BRT yaitu penambahan armada karena armada yang tersedia dirasa belum cukup untuk menampung jumlah permintaan saat ini. Dan dengan penambahan armada ini sehingga masyarakat nantinya akan lebih memilih sarana angkutan umum ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan kepada pemerintah kota Padang dapat memberikan penanggulangan lagi terhadap kemacetan lalulintas di jalan Prof. Dr. Hamka Padang untuk menetralisir dampak kemacetan lalulintas dari segi aspek ekonomi yaitu berupa penyediaan terminal, dari segi aspek lingkungan agar pemerintah kota Padang dapat melakukan himbauan terhadap penggunaan BBM ramah lingkungan, dari segi aspek kelembagaan yaitu dengan penyediaan BRT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:02
Last Modified: 03 Oct 2018 09:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17881

Actions (login required)

View Item View Item