Analisis Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Pariwisata (Kasus pada Sub Sektor Perhotelan) di Sumatera Barat 1984-2013

Silaban, Baringin P. L. (2016) Analisis Penyerapan Tenaga Kerja pada Industri Pariwisata (Kasus pada Sub Sektor Perhotelan) di Sumatera Barat 1984-2013. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_BARINGIN_P._L.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh jumlah kamar terhadap penyerapan tenaga kerja di Sumatera Barat. (2) Pengaruh jumlah wisatawan asing terhadap penyerapan tenaga kerja di Sumatera Barat. (3) Pengaruh jumlah wisatawan domestik terhadap penyerapan tenaga kerja di Sumatera Barat (5) Pengaruh secara bersamasama jumlah kamar, wisatawan asing, dan wisatawan domestik, terhadap penyerapan tenaga kerja di Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang mendeskripsikan variabel penelitian dan menemukan adanya pengaruh antara variabel bebas terhadap variabel terikat. Jenis data yang digunakan adalah data time series. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan dokumentasi, dari tahun 1984-2013. Teknik analisa data, yaitu analisis regresi berganda dengan varibel bebas jumlah kamar, wisatawan asing, dan wisatawan domestic sedangkan variabel terikat adalah tenaga kerja pada sub sektor perhotelan. Hasil penelitian ini adalah (1) Pengaruh Jumlah Kamar berpengaruh terhadap penyerapan tenaga kerja di Sumatera Barat, (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Wisatawan Asing terhadap penyerapan tenaga kerja di Sumatera Barat, (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan Wisatawan Domestik terhadap penyerapan tenaga kerja di Sumatera Barat, (4) Pengaruh Kamar, Wisatawan Asing, dan Wisatawan Domestik berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja pada sub sektor perhotelan di Sumatera Barat, (6) Sehubungan dengan hasil penelitian, maka saran yang direkomendasikan dalam upaya penyerapan tenaga kerja yaitu pemerintah daerah harus lebih mengoptimalkan potensi daerahnya, seperti pemanfaatan sumberdaya alam yang berpotensi sebagai daya tarik wisatawan, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:02
Last Modified: 03 Oct 2018 09:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17879

Actions (login required)

View Item View Item