Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Memilih Jasa Transportasi (Jurusan Sawahlunto-Padang)

Wonianto MW, Ananta (2016) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Memilih Jasa Transportasi (Jurusan Sawahlunto-Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_ANANTA_WONIANTO_MW_1103398_2016.pdf

Download (56kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) Pelayanan transportasi terhadap pilihan konsumen dalam memilih jasa transportasi (2) pengaruh kenyamanan transportasi terhadap pilihan konsumen dalam memilih jasa transportasi (3) pengaruh tarif/harga tiket terhadap pilihan kmonsumen dalam memilih jasa transportasi (4) pengaruh pelayanan transportasi, kenyamanan transportasi, tarif terhadap pilihan konsumen dalam memilih jasa transportasi (jurusan Sawahlunto-Padang) Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif.Jenis data penelitian adalah data primer dengan populasi penelitian seluruh masyarakat yang menggunakan jasa transportasi (jurusan Sawahlunto-Padang).Teknik pengambilan sampel adalah dengan accidential random sampling yaitu sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan induktif melalui model logistic yang terdiri atas uji chi-square, wald test dan odd ratio. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa secara parsial (1) Pelayanan transportasi berpengaruh signifikan terhadap permintaan konsumen dalam memilih jasa transportasi (sig 0,044 < α = 0,05), dengan odd ratio 3,027 (2) kenyamanan transportasi berpengaruh signifikan terhadap permintaan konsumen dalam memilih jasa transportasi (sig 0,026 < α = 0,05), dengan odd ratio 0,221 (3) tarif berpengaruh signifikan terhadap permintaan jasa transportasi (sig 0,003 < α = 0,05) dengan odd ratio 0,218. (4) Secara bersama-sama pelayanan transportasi, kenyamanan transportasi, dan tarif berpengaruh signifikan terhadap permintaan konsumen dalam memilih jasa transportasi (sig 0,000 < α = 0,05). Dari hasil penelitian ini maka diharapkan kepada perusahaan pemilik jasa transportasi khususnya untuk jurusan Sawahlunto-Padang agar lebih meningkatkan perhatian dari segi pelayanan, kenyamanan, ataupun tarif guna meningkatkan minat konsumen untuk menggunakan jasa transportasi dan juga untuk meningkatkan loyalitas konsumen dalam memilih jasa transportasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 03 Oct 2018 09:02
Last Modified: 03 Oct 2018 09:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17878

Actions (login required)

View Item View Item