Analisis Kriteria Pemilihan Pemasok Kopi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Kedai Kopi Modern di Kota Padang

Andisya, Irene Ulfa (2016) Analisis Kriteria Pemilihan Pemasok Kopi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada Kedai Kopi Modern di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_IRENE_ULFA_ANDISYA_1207225_2017.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Pemilihan pemasok (supplier selection) adalah sebuah keputusan strategik dalam rantai pasokan yang dapat meningkatkan keunggulan bersaing. Setiap perusahaan manufaktur membutuhkan ketetapan atau standar pemilihan pemasok yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Penelitian ini dilaksanakan pada kedai kopi modern (coffee shop) di kota Padang. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui sejumlah kriteria yang menjadi prioritas dalam pemilihan pemasok kopi pada kedai kopi modern di Kota Padang. (2) Mengetahui skala prioritas atau bobot pada setiap kriteria pemilihan pemasok kopi pada kedai kopi modern di Kota Padang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Datadata yang diperoleh dalam penelitian ini diolah menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh bobot pada setiap kriteria sehingga diketahui skala prioritas pada setiap kriteria pemilihan pemasok kopi pada coffee shop di Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kriteria prioritas yang digunakan oleh coffee shop di kota Padang antara lain : kualitas, biaya, pengiriman, hubungan dengan pemasok, bisnis atau perusahaan pemasok, dan teknologi pemasok. (2) Diketahui bobot kualitas sebesar 0,415, bobot biaya sebesar 0,150, bobot pengiriman sebesar 0,115, bobot hubungan dengan pemasok sebesar 0,110, bobot bisnis atau perusahaan pemasok sebesar 0,107 dan bobot teknologi pemasok sebesar 0,104.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:55
Last Modified: 01 Oct 2018 07:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17824

Actions (login required)

View Item View Item