Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Murabahah dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia

Elhusni, Fitria (2016) Pengaruh Pembiayaan Mudharabah, Murabahah dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_FITRIA_ELHUSNI_1307349_2016.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Perbankan syariah merupakan suatu lembaga keuangan yang berfungsi sebagai lembaga yang menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat dengan menggunakan prinsip syariat islam. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh pembiayaan mudharabah, murabahah dan financing to deposit Ratio (FDR) terhadap profitabilitas perbankan syariah yang diproksikan melalui Return On Asset (ROA). Profitabilitas digunakan untuk mengukur tingkat pengembalian keuntungan aset bank yang dihasilkan dari pembiayaan yang diberikan bank. Populasi dalam penelitian ini adalah bank syariah di Indonesia yang mempublikasikan laporan keuangannya pada tahun yang diminta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria semua Bank Umum Syariah yang mempublikasikan laporan keuangan periode 2009 – 2014 dan memiliki kelengkapan data berdasarkan variabel yang diteliti. Berdasarkan kriteria tersebut, maka jumlah data yang ada berdasarkan sampel yang digunakan yakni sebanyak 30 data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembiayaan mudharabah berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) bank syariah dan pembiayaan murabahah berpengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas (ROA) bank syariah. Sedangkan Financing to Deposit Ratio (FDR) tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas (ROA) bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:54
Last Modified: 01 Oct 2018 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17819

Actions (login required)

View Item View Item