Pengaruh Profitabilitas, Nilai Buku dan Risiko Sistematis terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Desmiria, Elsa (2016) Pengaruh Profitabilitas, Nilai Buku dan Risiko Sistematis terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ELSA_DESMIRIA_1202677_2016.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana pengaruh profitabilitas, nilai buku dan risiko sistematis terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2014. Variabel bebas adalah profitabilitas, nilai buku dan risiko sistematis (X) dan variabel terikat adalah harga saham (Y). Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian kausatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia berjumlah 148 perusahaan dalam waktu pengamatan 4 tahun (2011-2014) sebanyak 105 observasi setelah dikurangi dengan sampel yang outlier. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan teknik pengamatan sampel berdasarkan teknik purposive sampling, maka diperoleh 105 sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, bersifat kuantitatif dan waktu pengumpulan datanya berdasarkan cross section dan pooling data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t statistik dengan tingkat α sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, (2) nilai buku per saham berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dan (3) risiko sistematis berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:54
Last Modified: 01 Oct 2018 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17812

Actions (login required)

View Item View Item