Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Power Point Berbasis Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa

Busra, Busra and Festiyed, Festiyed and Ramli, Ramli (2015) Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Power Point Berbasis Model PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa. In: Peran Riset dan Publikasi Dalam Pembelajaran Fisika yang Inovatif, Kreatif dan Berkarakter Guna Meningkatkan Daya Saing Bangsa, 7 November 2015, Padang.

[img]
Preview
Text
ProcSNPF RAMLI 1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Media pembelajaran interaktif berbasis model PBL (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, adapun masalah yang ditemukan dilapangan adalah (1) belum semua pendidik menggunakan media pembelajaran. (2) Penggunaan Media Pembelajaran yang masih bersifat satu arah. (3)keikutsertaan peserta didik dalam pembelajaran kurang maksimal. (4) peserta didik kesulitan menerapkan antara prinsip, fakta dan konsep dalam proses pembelajaran. Adapun alat untuk menemukan masalah ini peneliti melakukan wawancara kepada pendidik dan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terfokus pada tahap define. Berdasarkan hasil studi dilapangan peneliti menyimpulkan 80% peserta didik tertarik dengan pembelajaran yang menggunakan media, 75% keikutsertaan peserta didik dalam proses pembelajaran terabaikan ketika proses pembelajaran monoton. 70% peserta didik menjawab Pendidik jarang menggunakan media pembelajaran hanya terfokus pada proses pembelajaran yang monoton. 95 % peserta didik menjawab mereka tidak faham materi pembelajaran secara fakta, hanya faham dari segi prinsip, konsep dengan rumus-rumus dan penyelesaian soal. Sebahagian Pendidik Jarang bahkan tidak pernah menggunakan media pembelajaran sehingga terkadang siswa merasa bosan dengan metode belajar yang itu-itu saja. Saran yang dikemukakan berdasarkan hasil studi lapangan sangat cocok dan urgen untuk mengembangkan Media pembelajaran interaktif berbasis model PBL (problem based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 22 Apr 2016 07:13
Last Modified: 22 Apr 2016 07:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item