Pengaruh Good Corporate Governance dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2014)

Puspaninggrum, Yolanda (2016) Pengaruh Good Corporate Governance dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2014). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_AGUSMAL_1103359_2016.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Good Corporate Governance dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Good Corporate Governance berupa Kepemilikan Institusional, Proporsi Dewan Komisaris Independen, Komite Audit. Kepemilikan Institusional dalam penelitian ini diukur dengan membandingkan jumlah saham yang dimiliki institusi dengan jumlah saham beredar, proporsi dewan komisaris independen diukur dengan membandingkan jumlah komisaris independen dengan jumlah anggota dewan komisaris, komite audit diukur menggunakan jumlah anggota komite audit yang ada dalam perusahaan dan Kebijakan dividen diukur dengan menggunakan Dividend Payout Ratio (DPR). Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitain bersifat kausatif. Popoulasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun yakni dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2014. Sedangakan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 45 perusahaan sampel dari 141 perusahaan manufaktur. Jenis data yang digunakan berupa data dokumenter berupa data panel yang di peroleh dari www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (2) proporsi dewan komisaris independen tidak bepengaruh terhadap nilai perusahaan, (3) komite audit tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, (4) kebijakan dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:53
Last Modified: 01 Oct 2018 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17788

Actions (login required)

View Item View Item