Pengaruh Keputusan Investasi dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI)

Saputra, Wahyu Harja (2016) Pengaruh Keputusan Investasi dan Kebijakan Deviden Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WAHYU_HARJA_SAPUTRA_1107558_2016.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh keputusan investasi yang diukur dengan total asset growth (TAG) dan pengaruh kebijakan deviden yang diukur dengan dividend payout ratio (DPR) terhadap nilai perusahaan yang diukur menggunakan price book value (PBV). Penelitian ini tergolong penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2010 sampai 2013. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 67 perusahaan sampel. Terdiri dari 40 perusahaan yang memiliki PBV > 1 dan 27 perusahaan yang memiliki PBV < 1. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: 1) variabel Keputusan Investasi perusahaan yang PBV >1 memiliki nilai signifikan 0.0321 < 0.05.Hal ini menunjukkan bahwa variabel keputusan investasi perusahaan yang PBV >1 berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. 2) variabel Keputusan Investasi perusahaan yang PBV <1 memiliki nilai signifikan 0.5790 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa variabel keputusan investasi perusahaan yang PBV <1 tidak berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. 3) variabel Kebijakan Deviden perusahaan yang PBV >1 memiliki nilai signifikan 0.0622 < 0.1. Hal ini menunjukan bahwa variabel kebijakan deviden perusahaan yang PBV >1 berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. 4) variabel Kebijakan Deviden perusahaan yang PBV < 1 memiliki nilai signifikan 0.0917 < 0,1. Hal ini menunjukkan bahwa variabel kebijakan deviden perusahaan yang PBV <1 berpengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini disarankan: Bagi peneliti selanjutnya memperluas penelitian dengan menambah variabel independen dan memperpanjang interval tahun penelitiannya dan memperluas sampel tidak hanya perusahaan manufaktur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:53
Last Modified: 01 Oct 2018 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17785

Actions (login required)

View Item View Item