Pengaruh Kemampuan Laba dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI 2010-2013)

Damara, Thio (2016) Pengaruh Kemampuan Laba dan Arus Kas Operasi dalam Memprediksi Arus Kas Operasi Masa Depan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI 2010-2013). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_THIO_DAMARA_18883_2016.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh laba terhadap arus kas operasi masa depan, 2) pengaruh arus kas operasi terhadap arus kas operasi masa depan, dan 3) laba lebih memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan arus kas operasi dalam memprediksi arus kas operasi masa depan. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian yang bersifat kausatif. Populasi dari penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 4 tahun yakni dari 2010 sampai dengan tahun 2013. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 93 perusahaan manufaktur. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh melalui www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji F dan uji t dengan bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa laba berpengaruh signifikan positif terhadap arus kas operasi masa depan. Arus kas operasi berpengaruh signifikan positif terhadap arus kas operasi masa depan. Laba lebih baik dalam memprediksi arus kas operasi masa depan dibandingkan dengan arus kas operasi. Saran dari penelitian adalah bagi investor dan kreditor sebaiknya melihat laporan keuangan dari segi laba dan arus kas untuk melihat arus kas operasi masa depan sebelum melakukan investasi atau memberi pinjaman. Peneliti hanya mengambil sampel tahun pengamatan 2010 hingga tahun 2013 saja, jadi diharapkan untuk penelitian berikutnya bisa melakukan penelitian hingga tahun pengamatan 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:53
Last Modified: 01 Oct 2018 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17783

Actions (login required)

View Item View Item