Pengaruh Personal Background, Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus Pada DPRD Kota Padang)

Afrianda, Sri Monika (2016) Pengaruh Personal Background, Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran dan Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Kasus Pada DPRD Kota Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SRI_MONIKA_AFRIANDA_98630_763_2016.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh personal background terhadap pengawasan keuangan daerah, 2) Pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan keuangan daerah, 3) Pengaruh partisipasi masyarakat terhadap pengawasan keuangan daerah. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat kausatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh anggota DPRD Kota padang periode 20142019. Total sampel adalah 45 sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode total sampling dan dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, 2) latar belakang pekerjaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, 3) pengetahuan dewan tentang anggaran berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah, 4) partisipasi masyarakat berpengaruh signifikan terhadap pengawasan keuangan daerah. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan agar: 1) Bagi organisasi, diharapkan dapat memberikan referensi bagi kantor DPRD di Kota Padang dalam peningkatan pengawasan keuangan daerah kedepannya. 2) Bagi akademisi, diharapkan agar dapat memberikan tambahan referensi khususnya dibidang akuntansi dan bermanfaat untuk penelitian selanjutnya. 3) Bagi peneliti selanjutnya, agar menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak dan menambah variabel-variabel lain dalam penelitian ini seperti political background, akuntabilitas, transparansi dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:53
Last Modified: 01 Oct 2018 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17781

Actions (login required)

View Item View Item