Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang dan Profitabilitas Terhadap Investment Opportunity Set (Studi Empiris pada Perusahaan

Sahidayu, Sahidayu (2016) Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Utang dan Profitabilitas Terhadap Investment Opportunity Set (Studi Empiris pada Perusahaan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SAHIDAYU_1103199_2016.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menemukan pengaruh kebijakan dividen, kebijakan utang, dan profitabilitas terhadap investment opportunity set (IOS). Penelitian ini tergolong penelitian eksplanatoris kausatif. Berdasarkan teori agensi, penelitian ini merumuskan tiga hipotesis. Pertama, kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap IOS. Kedua, kebijakan utang berpengaruh negatif terhadap IOS. Ketiga, profitabilitas berpengaruh positif terhadap IOS. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur dan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik purpose sampling yang digunakan menghasilkan sampel 76 perusahaan. Data dari tahun 2010-2014. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dan uji t untuk melihat pengaruh kebijakan dividen, kebijakan utang, dan profitabilitas terhadap investment opportunity set. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap investment opportunity set pada perusahaan manufaktur, sedangkan pada perusahaan keuangan tidak berpengaruh. Kedua, kebijakan utang tidak berpengaruh terhadap investment opportunity set pada perusahaan manufaktur dan keuangan. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap investment opportunity set pada perusahaan manufaktur dan keuangan. Dalam penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk fokus pada variable independen lainnya (seperti resiko, likuiditas, dan solvabilitas), memperpanjang interval tahun penelitiannya dan memperluas sampel tidak hanya perusahaan manufaktur dan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:52
Last Modified: 01 Oct 2018 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17773

Actions (login required)

View Item View Item