Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Sistem Informasi Keuangan Daerah dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Kabupaten dan Kota Di Provinsi Sumatera Barat)

Sari, Riza Agustia (2016) Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Sistem Informasi Keuangan Daerah dan Pengendalian Intern Akuntansi Terhadap Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Kabupaten dan Kota Di Provinsi Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RIZA_AGUSTIA_SARI_1202555_2016.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Sistem Informasi Keuangan Daerah dan Pengendalian Intern Akuntansi terhadap Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan. Jenis penelitian ini digolongkan sebagai penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah bagian akuntansi/ penatausahaan keuangan DPPKAD pada Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Barat yang berjumlah 19 DPPKAD. Teknik pengambilan sampel secara total sampling. Metode pengumpulan data adalah dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi berganda dengan uji t. Hasil penelitian membuktikan bahwa: (1) Kualitas Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan positif terhadap Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan dengan nilai (sig 0.000). (2) Pemanfaatan Sistem Informasi Keuangan Daerah tidak berpengaruh terhadap Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan dengan nilai (sig 0.134). (3) Pengendalian Intern Akuntansi berperngaruh signifikan positif terhadap Ketepatwaktuan Pelaporan Keuangan dengan nilai (sig 0.004). Dalam penelitian ini disarankan: 1) Bagi instansi pemerintahan, untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pemanfaatan sistem informasi keuangan seoptimal mungkin dan adanya rancangan pengendalian intern akuntansi yang memadai agar menghasilkan laporan keuangan pemerintah daerah yang bernilai yaitu ketepatwaktuan. 2) Untuk peneliti berikutnya yang tertarik meneliti judul yang sama sebaiknya menambahkan variabel lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:52
Last Modified: 01 Oct 2018 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17772

Actions (login required)

View Item View Item