Ibu-ibu Pedagang Kaki Lima Antara Perjuangan untuk Hidup dan Pendidikan Anak-anak (kasus Ibu-ibu Pedangang Kaki Lima Pasar Pagi, Kotamadya Padang)

Wahid, Syafruddin (1999) Ibu-ibu Pedagang Kaki Lima Antara Perjuangan untuk Hidup dan Pendidikan Anak-anak (kasus Ibu-ibu Pedangang Kaki Lima Pasar Pagi, Kotamadya Padang). Project Report. FIP Ikip Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
SYAFRUDDIN WAHID_355_99.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Wanita sebagai i b u adalah pendidik utama dan pertama dalam keluarga. Disebabkan oleh berbagai keterbatasan, t i d a k semua i b u dapat memainkan peran tersebut dengan baik. Keterbatasan tersebut, antara l a i n disebabkan oleh keharusan untuk berperan s e r t a dalam mencari nafkah. Keterbatasan yang demikian juga dialami oleh ibu-ibu pedagang kaki lima Pasar Pagi, Kotamadia Padang. Meskipun begitu, melalui grand tour observation, diketahui terdapat d i antara ibu-ibu tersebut yang sukses mendidik anak-anaknya. Adalah menarik untuk dipertanyakan bagaimana mereka mendidik anak-anaknya, sementara mereka harus berjuang untuk mempertahankan dan meningkatkan k u a l i t a s kehidupan keluarganya. Sehubungan dengan permasalahan tersebut, maka secara umum p e n e l i t i a n i n i bertujuan untuk memahami permasalahan dan selanjutnya mencoba menjawab pertanyaan yang t e l a h dikemukakan. Secara l e b i h khusus, p e n e l i t i a n i n i bertujuan untuk memaparkan gambaran (1) perjuangan ibu-ibu pedagang kaki lima Pasar Pagi, Padang dalam mempertahankan dan meningkatkan m u t u kehidupan keluarganya, (2) aspirasinya terhadap pekerjaan, (3) aspirasinya terhadap pendidikan anak-anak, (4) interaksinya dengan anak-anak, (5) masalah-masalah yang dihadapinya dalam mendidik, s e r t a (6) k i a t - k i a t n y a dalam mengatasi berbagai masalah pendidikan anak tersebut. P e n e l i t i a n i n i menggunakan metode p e n e l i t i a n k u a l i t a t i f dengan pendekatan s t u d i kasus. Subjek p e n e l i t i a n adalah i b u dan anak dalam s e t t i n g p e n e l i t i a n tersebut. Informan d i p i l i h berdasarkan t e k n i k b o l a s a l j u . Pengumpulan data dilakukan mel a l u i wawancara dan observasi. Data d i a n a l i s i s dengan teknik model i n t e r a k t i f empat langkah. Khusus untuk langkah kedua ( a n a l i s i s data yang t e l a h terkumpul) digunakan pula t i g a langkah, yakni (1) memilah d a t a , (2) menyusun d a t a kedalam fokus yang s e s u a i dengan t u j u a n , (3) m e n u l i s n a r a s i . Paparan d i s a j i - kan berdasarkan p e r s p e k t i f emic dan etic. Secara umum d i p e r o l e h temuan bahwa kunci k e b e r h a s i l a n sebagian ibu-ibu pedagang kaki l i m a P a s a r P a g i Padang dalam mend i d i k anak-anak a d a l a h t i n g g i n y a a s p i r a s i mereka t e r h a d a p pend i d i k a n yang d i i k u t i dengan t i n d a k a n menjadikan pendidikan anak s e b a g a i f o k u s p e r h a t i a n dalam perjuangan hidup. Secara l e b i h khusus d i p e r o l e h temuan bahwa: (1) semangat juang ibuibu pedagang kaki l i m a P a s a r Pagi untuk mempertahankan dan meningkatkan k u a l i t a s kehidupan cukup t i n g g i ; (2) S e p e i n t a s terl i h a t bahwa semua ibu-ibu pedagang k a k i lima t e r s e b u t berasp i r a s i t i n g g i t e r h a d a p p e k e r j a a n . S e t e l a h d i l a k u k a n wawancara mendalam, d i k e t a h u i bahwa t e r d a p a t d i a n t a r a m e r e k a yang bera s p i r a s i rendah t e r h a d a p p e k e r j a a n ; (3) T e r d a p a t kecenderungan bahwa ibu-ibu yang b e r a s p i r a s i t i n g g i t e r h a d a p pekerjaan b e r a s p i r a s i t i n g g i p u l a t e r h a d a p p e n d i d i k a n anaknya a t a u sebal i k n y a ; (4) Ibu-ibu yang b e r a s p i r a s i t i n g g i t e r h a d a p pendid i k a n cenderung marnpu memerlihara i n t e n s i t a s i n t e r a k s i dengan anak-anaknya dengan berupaya mengambil i n i s i a t i f a g a r t e r c i p - t a kornunikasi yang menyenangkan dengan anak pada s e t i a p k e s e m - patan; (5) Masalah yang d i h a d a p i o l e h ibu-ibu yang b e r a s p i r a - si t i n g g i t e r h a d a p pendidikan dalam mendidik anak-anak, antara l a i n masalah (a) waktu, ( b ) kemampuan membirnbing, (c) d i - s i p l i n anak, ( d ) b i a y a , dan (e) anak b e r k e l a h i a t a u bertengk a r ; dan ( 6 ) Ibu-ibu yang b e r a s p i r a s i t i n g g i t e r h a d a p pendidikan menggunakan pendekatan n o n f i s i k dalam mengatasi masalah pendidikan anaknya. S e c a r a l e b i h khusus, k i a t - k i a t yang digunakan dalam mengantasi masalah p e n d i d i k a n anak a d a l a h s e b a g a i b e r i k u t ( a ) kurangnya waktu dengan meningkatkan k u a l i t a s dan i n t e n s i t a s i n t e r a k s i , ( b ) kekurangmampuan membirnbing dengan meminta bantuan orang l a i n , (c) k e t i d a k d i s i p l i n a n dengan pers u a s i a t a u membiarkan, ( d ) kekurangan biaya dengan ~ - u l o - ~ u l o a t a u mengutang, dan (e) m e n g a n t i s i p a s a n g a r anak t i d a k berkel a h i dengan mengajar anak untuk s a b a r - ( I n s t i t u t Keguruan dan Ilmu P e n d i d i k a n Padang, Kontrak Nomor 159/P2IPT/DPPM/1?98/SKW/V/1?98)

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:10
Last Modified: 01 Oct 2018 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17770

Actions (login required)

View Item View Item