Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Lesson Study di FMIPA Universitas Negeri Padang

Syafriandi, Syafriandi and Putra, Amali (2012) Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Lesson Study di FMIPA Universitas Negeri Padang. Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
SYAFRIANDI_750_12.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sakh satu be-rltuk pemhinrtan prcfesionalitas guru yang dikembmgkan secara koolaboratif, partisipatif dm berkelanjutan adalah kegiatan Lesson Study. Dalarn kegiatan lesson study, para guru akan memerankan diri sebagai guru model, observer, moderator atau notulis, sehingga akan terjadi pertuksran pengalaman, ide cian gagasan melalui langkah langkah plan (perencanaan ), do (pelaksanaan pembelajaran) dan see (refleksi). Kegiatan lesson study melibatkan unsur guru, siswa, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Seliap unsur yang terlibat akan mendapat pengalaman yang sangat berharga dari kegiatan lesson study ini. Diharapkan pengajatnan yang didapat darj kegiatan lesson study ini bermanfaat untuk merubah budaya guru dari pengajaran yang berpusat pada guru (!enchc:her crnterlx!) rncnuju pembc!ajman yang bercrrientasi pada aktivitas siswa (student centered), dan melatih kebiasaan siswa untdk menjadi individu-individu pembelajar. Di FMIPA UNT kegistan L~ssonS fuJ?.i eiah dikemhangk= sc,jak hhln 3,099 cia; telah berakhir pada tahun 201 1. Melalui penelitian ini akan diungkapkan a) bagaimana persepsi dan pemahaman dosen terhadap konsep dan implementasi lesson study b) bag~imana kualitas pembclajaran close11 yang tclah nlclaksanakan lesson study c) hambatan-hambatan apa yang dirasakan dosen dalarn mengimplementasikan lesson study d) usaha usaha apa yrmg dapat dilakukan dosen untuk menjaga keberlan.jutan lessson study untuk masa-masa yang akan datang TTwil Penclitian mcnut~jukkan bahwa : a) Pel-scpsi clan pernaharnan doscn terhadap kunsep Jar1 inlyiementasi lesson siudy berada pada kalegori anlara baik dan sangat baik ; b) Persepsi mahasiswa terhadap kualitas perkuliahan yang berbasis lesson study, juga krada pada kategori an!aia B~ikd im sangzt bitik ; c) ).!ami?;~W-han~t:r;:iy~arn, g d i r : j s ~ k ~ ~ dosen dalarn mengimplementasikan lesson study, terutanla berkenaan dengan heban kerja dosen, komitmen pimpinan yang masih lemah, dan belum tumbuhnya kesadaran sebagian t:csar slzf pcn gajw ill: t r:k mcl nksana k w Iic.sson Study dcngan baik ; d) Usaha usaha ymg &&pat dilakukan dosen untuk men-jaga keberlanjutan lessson study untuk masa-masa yang akan datang seperti sosialisasi, desimininasi dan implementasi kepada fakultas non MIPA dan wakil sat uan pendiclikan pada SMP/ShiA i1fi.r) hnml MGMP ya:lg ke'runl mcngcnsl Lesson Studv, dan diharapkan, FMIPA UNP masill tetap melaksanakan kegiatari Lesson Stzrdy pada tahun tahun rnendatang dengan menggunakan c h a DIPA Fakulm. Kata Kunci : persepsi, open lesson, observer, refleksi

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:10
Last Modified: 01 Oct 2018 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17768

Actions (login required)

View Item View Item