Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Gambar Teknik di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang Gambar Teknik

Jamain, Syafri and Hasanuddin, Hasanuddin and Darmawi, Darmawi and Ambiyar, Ambiyar (2011) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Gambar Teknik di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang Gambar Teknik. Project Report. FT UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
SYAFRI JAMAIN_20_13.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Gambar Teknik Mesin (GTM) dirasakan sebagai pelajaran yang sulit untuk dipahami, karena tidak adanya kesesuaian antara mahasiswa dengan cara penyajian materi oleh dosen. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Pendekatan Kontekstual/Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar garnbar teknik mahasiswa yang lnasih rsndah? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gambar teknik mahasiswa dengan metode pendekatan kontekstual pada mata pelajaran GTM di jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Padang Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan subjek penelitian adalah mahasiswa jurusan teknik n~esiny ang mengarnbil mata kuliah gambar teknik pada semester ganjil tahun ajaran 201 112012 dengan jumlah 20 orang siswa. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes di akhir siklus, sedangkan alat pengumpul data yang digunakan adalah soal-soal tes. Data yang terkumpul dimalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang menggunakan teknik penafsiran skor acuan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar gmnbar teknik mahasiswa jurusan teknik mesin Universitas Negeri Padang dengm menggunakan metode pendekatan kontekstual meningkat dari siklus I ke siklus 11 dimana pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 35,29 % dm pada siklus 11 meningkat manjadi 94,12 %, sehingga ketuntasan hasil belajar dapat mencapai ketuntasan klasikal. Jadi dapat disimpulkan dengan menggunakan metode pendekatan kontekstual hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:10
Last Modified: 01 Oct 2018 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17766

Actions (login required)

View Item View Item