Pengelolaan Sekolah Unggul pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Padang Panjang

Marsidin, Sufyarma and Irsyad, Irsyad and Adi, Nelfia and Nellitawati, Nellitawati (2007) Pengelolaan Sekolah Unggul pada Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Padang Panjang. Project Report. FIP UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
SUFYARMA MARSIDIN_190_07.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilutar bclakangi olch kchcrhasilan pengelolaun sckolah unggul SMA Negeri 1 Padang Pan.jang. Lebih Ianjut dilakukan penelitian yang bcrlujuari unti~k mcmpcrolch inlbr~nasi Icn(:ing pcngclolaa~l sckolall unggul SMA Negeri I Padang Panjang pada aspek: pengclolaan kurikulum sekolah unggul, manajemen sumber daya manusia sekolah unggul, gaya kepemimpinan kepala sekolah unggul. Pertanyaan yang akan diajukan dalam penelitian ini adalah; a).Bagaimana pengclolaan kurikulun~ sckolah unggul SMA 1 Padang Pnnjnng? b).Bagaimana pengelolaan sumber daya manusia sekolah unggul SMA 1 Padang Panjang? c).Bagaimana gaya kepcmimpinan kcpnla sckolal~ unggul SMA 1 Padang Panj ang?. Penelitian ini rnerupakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah semua guru sekolah unggul di SMA Negeri 1 Padang Panjang yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu sebanyak 69 orang guru. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik sh.nrified profirsional random san~pling sedangkan penentuan besarnya sampel menggunakan rumus Cohran (1991:86). Oleh karena itu, sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang guru SMAN 1 Padang Panjang. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Angket ini menggunakan model skala Likert dengan 5 alternatif jawaban yaitu selalu (SL), sering (SR), kadangkadang (KD), jarang (JR), dan tidak pernah (TP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a). Pengelolaan kurikuluni sekolah unggul pada SMA Negeri 1 Pndang Pnnjnng bcrnda pada kategori baik sckali. yakni 86,39% responden menyatakan selalu dan sering mengelola kurikuluni. b). Manajemen sumber daya manusia sekolah unggul pada SMA Negeri 1 Padang Panjang bcrdada pada kategori baik, ynkni 78,06% rcspondcn mcnyntnknn selnlu dan sering rnengelola sumber daya manusia, dan c ) . - ~ a ~keape niimpinan kepala sekolah unggul pada SMA Negeri 1 Padang Panjang berada pada kategori cukup baik, yakni 44,72% respondcn menyatakan sclalu dan sering mcncrapkan gaya kepemimpinan instrultif, konsultatif, partisipatif dan delegatif. Secara umum, pengelolaan sekolah unggul pada SMA Negeri 1 Padang Panjang baik dari segi pengelolaan kurikulum, manajemen sumber daya manusia dan gaya kepemimpinan kepala sekolah unggul sudall terlaksana dengan baik, dimana 69,89% responden menyatakan selalu dan sering. Dari kesimpulan tersebut, niaka diharapknn kepada kepaln sckolnll dan guru sekolali unggul pada SMA Ncgcri 1 Padang l'anjang agar dapat mempertahankan, mengelilbangkan dan meningkatkan perhntian terhadap pengelolaan sekolah unggul dalan~; 1 ) pengelolaa~k~u rikulum, 2) manajemen sumber daya manusia, 3) gaya kepemimpinan kepala sekolah unggul.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:05
Last Modified: 01 Oct 2018 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17749

Actions (login required)

View Item View Item