Pengaruh Keandalan Akrual terhadap Persistensi Laba dan Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufakur yang Terdaftar di BEI Selama Periode 2010-2014)

Qoriza, Poppy Melani (2016) Pengaruh Keandalan Akrual terhadap Persistensi Laba dan Harga Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Manufakur yang Terdaftar di BEI Selama Periode 2010-2014). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_POPPY_MELANI_QORIZA_1203544_2016.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh keandalan akrual terhadap persistensi laba dan harga saham pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Persistensi laba dalam penelitian ini diukur dengan menguji pengaruh antara laba tahun berjalan dengan laba periode berikutnya. Harga saham dalam penelitian ini diukur dengan return saham aktual. Keandalan akrual diukur dengan tujuh proksi yang berbeda dibagi dengan rata-rata total aset untuk menguji tingkat keandalan masing-masing komponen akrual. Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 5 tahun yakni dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2014. Sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh 71 perusahaan sampel. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder berupa data panel yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, laba tahun berjalan berpengaruh terhadap laba periode berikutnya sehingga laba terbukti persisten. Namun, tingkat persisten laba sangat rendah karena lebih mendekati nol dibandingkan satu. Kedua, perubahan liabilitas keuangan dan perubahan aset operasi lancar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persistensi laba. Hal ini berarti ketiga komponen ini merupakan komponen yang paling andal dibandingkan komponen lainnya. Ketiga, hanya perubahan aset operasi non lancar dan perubahan investasi jangka pendek yang berpengaruh dan signifikan terhadap harga saham periode berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:52
Last Modified: 01 Oct 2018 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17744

Actions (login required)

View Item View Item