Pola Interaksi Edukatif dalam Lingkungan Keluarga wanita Karir : studi Kasus pada Kompleks Perumahan Singgalang Kelurahan Batang Kabung, Kotamadya Padang

Solfema, Solfema (1999) Pola Interaksi Edukatif dalam Lingkungan Keluarga wanita Karir : studi Kasus pada Kompleks Perumahan Singgalang Kelurahan Batang Kabung, Kotamadya Padang. Project Report. FPIPS Ikip Padang, Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Secara umum, p e n e l i t i a n i n i bertujuan untuk memahamidan selanjutnya mencoba memaparkan gambaran pola interaks i edukatif dalam lingkungan keluarga wanita k a r i r pada Kompleks Perumahan Singgalang, Kelurahan Batang Kabung, Kotamadia Padang. Secara l e b i h khusus, tujuan penelitian i n i adalah untuk memperoleh dan memaparkan gambaran (1) aktor-aktor yang t e r l i b a t sebagai sumber belajar, (2) tujuan pembelajaran, (3) terlaksananya i n t e r a k s i yang bermuatan bahan belajar, dan ( 4 ) tindakan evaluasi terhadap i n t e r a k s i edukatif yang berlang sung dalam lingkungan keluarga wanita k a r i r pada Kompleks Perumahan Singgalang, Keluratian Batang Kabung , Kotamadia Padang . Untuk mencapai tujuan yang demikian, p e n e l i t i a n i n i menggunakan metode p e n e l i t i a n k u a l i t a t i f dengan pendekatan studi kasus. Subjek p e n e l i t i a n adalah ibu dalam keluarga wanita k a r i r Kompleks Perumahan Singgalang, sumber data dan informan d i p i l i h berdasarkan teknik bola salju. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi p a r t i s i p a s i , dan studi dokumentasi. Data d i a n a l i s i s dengan teknik model i n t e r a k t i f antara pengumpulan data, a n a l i s i s data, paparan, dan penarikan kesimpulan. Analis i s data yang telah terkumpul menggunakan t i g a langkah, yakni (1) memilah data, (2) menyusun data ke dalam variabel yang sesuai, dan (3) menulis narasi. Paparan d i s a j i - kan dengan memadukan perspektif e m i c dan etic. Setelah a n a l i s i s data dilakukan, diperoleh temuan umum bahwa meskipun wanita k a r i r banyak menghabiskan waktunya d i luar rumah, terdapat pola i n t e r a k s i yang intens antara mereka dengan anak-anaknya. Secara lebih khusus, diketahui bahwa: (1) Terdapat beberapa aktor yang t e r l i - bat sebagai sumber belajar dalam i n t e r a k s i edukatif pada lingkungan keluarga wanita k a r i r Perumahan Singgalang, yakni ayah, anggota keluarga lainnya, teman sebaya anak, dan tetangga; (2) Tujuan umum i n t e r a k s i edukatif antara ibu dengan anak adalah agar anak dapat menjadi anak yang dicita-citakan ( i d e a l ) yakni anak yang mandiri, pandai bergaul, dan taat beragama, Sedangkan tujuan khusus adalah kemampuan yang menjadi penanda anak sebagai anak idea l , yakni anak dapat (a) berbuat atas keputusan sendiri, (b) mau mengambil i n i s i a t i f , (c) menghargai h a s i l karya-- nya sendiri, (d) memecahkan berbagai masalah yang dihadapinya, (el memiliki kepercayaan terhadap d i r i n y a sendiri, ( f ) bertanggung jawab terhadap d i r i sendiri, (g) menjelaskan dengan baik kepada orang l a i n berkenaan dengan apa yang dimauinya, (h) menghargai pendapat orang l a i n , ( i ) menempatkan d i r i dalam p o s i s i yang wajar, (j) mempertahankan apa yang menjadi hak s e n d i r i serta menghargai hak orang l a i n , ( k ) membedakan apa yang menjadi perintah dan larangan agama, dan (1) menjalankan ibadah wajib; (3) Terlaksananya kegiatan belajar dalam i n t e r a k s i edukatif antara ibu dengan anak tidak s e l a l u bermuatan bahan belaj a r yang berorientasi dengan j e l a s kepada tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Dalam suatu peristiwa i n t e r a k s i , boleh j a d i bahan belajarnya mengacu kepada dua, tiga, atau l e b i h tujuan belajar yang hendak dicapai; dan (1) Tindakan evaluasi dalam peristiwa i n t e r a k s i ibu dengan anak dap a t herjalan setiap saat, baik ketika sedang berlangsungnya peristiwa i n t e r a k s i yang ber-muatan bahan belajar maupun sesudahnya, Tindakan evaluasi, selain ditujukan kepada d i r i yang bertindak sebagai sumber belajar, terutama s e k a l i s i ibu, juga ditujukan kepada keberhasilan anak dalam memcapai k r i t e r i a anak i d e a l . Yang bertindak sebagai. evaluator dapil t sumher IJP;\~.j a r s e n d i r i matrprln orang l a i n . Berdasarkan temuan-temuan penelitian, secara umum diajukan saran kepada para pemerhati pendidikan rumah tangga, khususnya para suami, untuk tidak t e r l a l u k u o t i r bahwa pendidikan anak-anak akan terabaikan karena ibu sebagai pendidik utama dan pertama bekerja d i luar rumah. Secara l e b i h khusus, dikemukakan saran-saran kepada (1) para suami, untuk tidak hanya mengandal ibu sebagai pend i d i k utama dan pertama dalam keluarga, (2) wanita k a r i r lainnya, untuk menjadikan pengalaman i n t e r a k s i ibu-ibu wanita k a r i r Kompleks Perumahan Singgalang dengan anaknya sebagai bahan masukan dalam mengelola interaksinya dengan anak, dan (3) p e n e l i t i berikutnya, untuk dapat men e l i t i masing-masing komponen i n t e r a k s i edukatif antara ayah dengan anak, ibu dengan anak, anggota keluarga l a i n dengan anak, anak dengan teman sebayanya, dan anak dengan tetangga. Melalui p e n e l i t i a n tersebut diharapkan akan d i - temui persamaan dan perbedaan pola i n t e r a k s i antara ayah, ibu, anggota keluarga l a i n , teman sebaya, dan tentangga dengan anak. Selanjutnya, dengan mengetahui persamaan dan perbedaan pola i n t e r a k s i masing-masing sumber belajar tersebut, diharapkan akan ditemukan kekhasan masing-masing pola interaksinya. Temuan-temuan yang demikian akan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan tentang pendidikan keluarga.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Oct 2018 07:03
Last Modified: 01 Oct 2018 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17736

Actions (login required)

View Item View Item