Pengaruh Gaya Kepemimpinan Lurah dan Sanksi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perkotaan dan Pedesaan

Sambas, Farras Maulana (2016) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Lurah dan Sanksi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perkotaan dan Pedesaan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_FARRAAS_MAULANA_SAMBAS_56362_2016.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan lurah dan sanksi administrasi perpajakan terhadap kepatuhan masyarakat dalam membayar PBB-P2. Jenis penelitian ini adalah kausatif. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak daerah atau masyarakat di setiap kecamatan di kota Padang yang berjumlah 201.759 masyarakat. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 sampel yang dipilih dengan teknik conveinience sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dengan bantuan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) gaya kepemimpinan lurah berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak yang ditunjukkan dengan koefisien β sebesar 0.257, nilai thitung sebesar 1.99125 dan nilai signifikansi 0,002<0,05. (2) Sanksi administrasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan masyarakat dalam membayar PBB-P2 yang ditunjukkan dengan koefisien β sebesar 0,109 nilai thitung sebesar 1,316 dan nilai signifikansi 0.196>0,05. Hal ini menunjukan bahwa sanksi administrasi perpajakan tidak berpengaruh terhadap kepatuhan masyarakat dalam membayar PBB-P2. Saran dalam penelitian ini adalah: (1) peneliti menyarankan bahwa agar lurah berserta aparatur kelurahan agar lebih aktif lagi dalam mengajak masyarakat dalam membayar PBB P2 nya. Dan lurah beserta aparatur nya agar lebih memberikan motivasi kepada masyarakat dalam membayar PBB P-2 nya, agar penerimaan pajak dari sektor PBB-P2 lebih maksimal lagi. (2) Peneliti menyarankan bahwa agar pemerintah kota padang lebih mengoptimalkan lagi dalam penerapan sanksi administrasi agar kepatuhan wajib pajak lebih meningkat lagi. (3) Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel-variabel kepatuhan masyarakat dalam membayar PBB P-2 seperti penegakan hukum perpajakan, pengetahuan perpajakan, dan pelayanan perpajakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Sep 2018 07:07
Last Modified: 28 Sep 2018 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17707

Actions (login required)

View Item View Item