Meningkatkan Efisiensi Kerja Pegawai melalui Pengelolaan Kerasipan di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan

Putri, Yuli Eka (2016) Meningkatkan Efisiensi Kerja Pegawai melalui Pengelolaan Kerasipan di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_YULI_EKA_PUTRI_1103309_2016.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah pengelolaan kearsipan dapat meningkatkan efisiensi kerja pegawai di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Snowball Sampling dengan jumlah informan 5 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara dan alat perekam. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Untuk menguji keabsahan data digunakan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keasipan di kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh belum berjalan dengan efektif. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya masalah-masalah yang berkaitan dengan penyimpanan arsip yang ditemukan oleh penulis. Masalah-masalah tersebut diantaranya banyaknya arsip yang disimpan tidak menggunakan sistem penyimpanan. Peralatan dan perlengkapan penyimpanan juga sangat tidak memadai, selain itu juga tidak adanya tenaga ahli dalam bidang kearsipan yang ditempatkan di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengelolaan kearsipan dapat meningkatkan efisiensi kerja pegawai di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh, ini terlihat dari indikator efisiensi kerja tentang kemampuan dan kemahiran terhadap kearsipan masih kurang baik. Berdasarkan penelitian diatas penulis memberikan beberapa saran dalam pembenahan pengelolaan kearsipan di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan yaitu perlu adanya pembenahan yang dilakukan mengenai pengelolaan kearsipan di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh, arsip sebaiknya disimpan menggunakan suatu sistem penyimpanan yang dapat memudahkan dan cepat dalam penyimpanan dan penemuan kembali arsip. Selain itu juga perlu ada penambahan peralatan dan perlengkapan penyimpanan arsip untuk menunjang terlaksananya penyimpanan arsip yang efektif dan meningkatkan efisiensi kerja pegawai di Kantor Camat Koto Parik Gadang Diateh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Sep 2018 07:06
Last Modified: 28 Sep 2018 07:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17694

Actions (login required)

View Item View Item