Minat Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari

Maifitri, Mila (2016) Minat Belajar dan Perhatian Orangtua terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_MILA_MAIFITRI_13343_2016.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh minat belajar dan perhtian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari, pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS Tepadu SMP Negeri Situjuah Limo Nagari, dan pengaruh perhatian orangtua terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri seKecamtan Situjuah Limo Nagari sebanyak 80 orang responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling. Data penelitian ini adalah data primer dans ekunder. Teknik analisis penelitian adalah Regresi Berganda, sedangkan untuk pengolahan data menggunakan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Secara bersama-sama minat belajar dan perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri se-Kecamatan Situjuah Limo Nagari dengan nilai sig 0,000 < 0,05 yang membuktikan hipotesis diterima. (2) Minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari dengan nilai sig 0,036 < 0,05 yang membuktikan hipotesis diterima, dan (3) Perhatian Orangtua berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS Terpadu SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari dengan nilai sig 0,005 < 0,05 yang membuktikan bahwa hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri seKecamatan Situjuah Limo Nagari diharapkan kepada siswa untuk selalu berkumpul dengan teman sekitar yang suka belajar, diskusi dengan teman tentang hal-hal yang yang dianggap sulit sehingga dengan demikian dapat mengurangi beban pikiran yang tadinya tidak tertarik jadi tertarik untuk belajar. Dan diharapkan kepada orangtua untuk selalu menjadi teladan yang baik bagi anak-anak dengan cara menjaga sikap di dekat anak agar anak meniru hal tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Sep 2018 07:05
Last Modified: 28 Sep 2018 07:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17688

Actions (login required)

View Item View Item