Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII dan VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 11 Padang

Anggraini, Desi (2016) Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII dan VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 11 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DESI_NGGREINI_98511_2016.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh motivasi belajar dan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII pada mata pelajaran IPS di SMP N 11 Padanng. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dan asosiatif. Teknik penarikan sampel penelitian adalah proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 210 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Induktif dengan menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda serta Uji Hipotesis dengan menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII pada mata pelajaran IPS di SMP N 11 Padang, (2) perhatian orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII pada mata pelajaran IPS di SMP N 11 Padang, (3) motivasi belajar dan perhatian orangtua berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII dan VIII pada mata pelajaran IPS di SMP N 11 Padang, diharapkan kepada siswa sebaiknya lebih membiasakan diri untuk lebih banyak mencari soal-soal IPS dari berbagai sumber dan mengerjakannya secara individu maupun kelompok. Kepada orangtua diharapkan untuk lebih meningkatkan perhatian terhadap anak dalam belajar guna untuk meningkatkan prestasi belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:33
Last Modified: 27 Sep 2018 08:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17684

Actions (login required)

View Item View Item