Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang

Muttaqiin, Imaamul (2016) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_IMAAMUL_MUTTAQIIN_18921_2016.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan (1) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang. (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang. (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang yang berjumlah 107 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah proportional random sampling. Jumlah sampel sebanyak 84 orang Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi linear berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang Mata Pelajaran Ekonomi Materi Akuntansi dan motivasi belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada siswa untuk memberikan pandangan dan persepsi yang baik tentang mata pelajaran ekonomi materi akuntansi. Serta untuk siswa agar selalu temotivasi dalam belajar supaya ada dorongan untuk meningkatkan kebutuhan dalam belajar dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:32
Last Modified: 27 Sep 2018 08:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17667

Actions (login required)

View Item View Item