Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Metode Mencatat Efektif (Catatan Tulis Susun) dan Teknik Operan Kertas Ide dengan Menggunakan Metode Ceramah

Marsal, Jupri (2016) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Kombinasi Metode Mencatat Efektif (Catatan Tulis Susun) dan Teknik Operan Kertas Ide dengan Menggunakan Metode Ceramah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_JUPRI_MARSAL_1202615_2016.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang perbedaan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide dengan penggunaan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan kombinasi metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide dengan penggunaan metode ceramah di SMA 1 Nan Sabaris. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas X.5 sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide. Kelas X.8 sebagai kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Terdapat 30 siswa disetiap kelas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar kelas X.5 yang diajar dengan metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide dengan rata-rata 79.19 lebih baik dibandingkan hasil belajar kelas X.8 yang menggunakan metode ceramah dengan rata-rata 74.30. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan dengan th = 6.8599 dan tt = 2.02 pada α=0.05 antara hasil belajar ekonomi siswa dengan menggunakan metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide di SMA 1 Nan Sabaris. Disarankan kepada guru untuk menerapkan kombinasi metode mencatat efektif (catatan tulis susun) dan teknik operan kertas ide dalam pelajaran ekonomi sebagai bentuk variasi metode pembelajaran dan sekolah disarankan melengkapi sarana dan prasarana dalam belajar sehingga dapat menunjang penerapan metode bervariatif bagi guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:31
Last Modified: 27 Sep 2018 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17661

Actions (login required)

View Item View Item