Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Problem Solving Dikombinasikan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think-Pair-Square (Tpsq) Studi pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XII IIS 1 SMAN 1 Lubuk Alung

Illahi, Synta (2016) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Problem Solving Dikombinasikan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think-Pair-Square (Tpsq) Studi pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XII IIS 1 SMAN 1 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_SYNTA_ILLAHI_1202670_5366_2016.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan langkah-langkah pembelajaran metode problem solving yang dikombinasikan dengan model pembelajaran Koperatif tipe ThinkPair-Square (TPSq) yang meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI IIS 1 di SMA N 1 Lubuk Alung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Dimana peneliti menjadi guru dan di bantu oleh observer sebagai pengamat proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 di SMA N 1 Lubuk Alung, yang berjumlah 29 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus yang setiap putarannya terdiri empat komponen (1) perencanaan, (2) tindakan (3) observasi, dan (4) refleksi. Sintaks pembelajaran kooperatif terdiri dari pendahuluan-think-pair-square-diskusi kelas-penghargaan. Data yang dikumpulkan ada dua, yaitu data non tes dan data tes. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi sikap siswa, lembar kerja siswa, lembar tes, format wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini yaitu ≥ 80 atau skor 3,20 dan ketuntasan klasikal 75%. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa Pada siklus I ratarata sikap siswa 3,55 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 0,20 yakni 3,55 dengan prediket sangat baik. Pada siklus I diperoleh rata-rata keterempilan siswa 89,03% dan siklus II 93,36%. Dan diakhir siklus diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa siklus I skor 3,26 dan siklus II skor 3,59 dengan ketuntasan klasikal pada siklus I 66% dan siklus II 100%. Pada penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal berikut. Pertama, penerapan metode problem solving dikombinasikan model kooperatif tipe Think Pair Square dapat diterapkan dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini diperoleh dari standar deviasai yang rendah 0,04. Kedua, penerapan metode Problem Solving dikombinasikan model kooperatif tipe Think Pair Square meningkatakan hasil belajar siswa baik secara afektif, psikomotor maupun kognitif kelas XI IIS 1 SMAN Lubuk Alung. Peningkatan penerapan metode Problem Solving dikombinasikan model kooperatif tipe Think Pair Square dalam pembelajaran Dalam pelaksanaan penelitian jenis ini diharapkan guru melengkapinya dengan pemberian tugas rumah serta pemanfaatan media yang menarik bagi siswa, serta menyesuaikan dengan kondisi kelas yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:31
Last Modified: 27 Sep 2018 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17655

Actions (login required)

View Item View Item