Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi (Jaringan Internet Sekolah) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan IPS pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Sijunjung

Mariyon, Mariyon (2016) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi (Jaringan Internet Sekolah) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan IPS pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_MARIYON_17808_1221_2016.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi (Jaringan Internet Sekolah) Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan IPS Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Sijunjung. (2) Pengaruh Kemandirian Belajar siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan IPS Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Sijunjung. (3) Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi (Jaringan Internet Sekolah) dan Kemandirian Belajar siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan IPS pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan IPS di SMA N 1 Sijunjung sebanyak 204 orang. Teknik penarikan sampel dengan proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu: uji normalitas, uji homogenitas, uji multikoliniaritas dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan jaringan internet sekolah terhadap hasil belajar siswa jurusan IPS pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa jurusan IPS pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Sijunjung, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan jaringan internet sekolah dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa jurusa IPS pada mata pelajaran IPS Ekonomi di SMA Negeri 1 Sijunjung. Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan kepada siswa untuk dapat meningkatkan hasil belajar, diharapkan kepada siswa dan guru untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan internet sebagai salah satu sarana pembelajaran. Serta meningkatkan kemauan siswa untuk belajar. Serta untuk meningkatkan hasil belajar, diharapkan kemandirian belajar siswa juga meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:31
Last Modified: 27 Sep 2018 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17651

Actions (login required)

View Item View Item