Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok

Juliana, Devi (2016) Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_DEVI_JULIANA_13313_2016.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh : 1) fasilitas belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok, 2) motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok, 3) fasilitas belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dan korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok yang terdaftar pada semester Juli – Desember 2014 yang berjumlah 504 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel 224 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sebelumnya data diuji Validitas dan Realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur serta pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Fasilitas belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok. (2) Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok. (3) Fasilitas Belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri Kota Solok. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan kepada sekolah dan guru mata pelajaran ekonomi untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas belajar yang menunjang proses pembelajaran di sekolah, seperti kelengkapan buku-buku pegangang di perpustakaan, media pembelajaran yang disajikan dengan cara memberikan inovasi pada media agar siswa tertarik mengikuti pelajaran dalam kelas dan disarankan kepada siswa agar bisa memahami arti penting belajar guna mencapai cita-cita masa depan mereka nantinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:31
Last Modified: 27 Sep 2018 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17646

Actions (login required)

View Item View Item