Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar dengan Nilai Semester dalam Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X SMK Negeri 2 Padang

Andespa, Putri Erfi (2016) Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Pedagogik Guru dan Kebiasaan Belajar dengan Nilai Semester dalam Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan Kelas X SMK Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_PUTRI_ERFI_1202607_2016.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan kebiasaan belajar dengan nilai semester dalam mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan kelas X SMK Negeri 2 Padang. Penelitian ini terkait dengan fenomena yang terjadi yaitu dimana masih banyaknya menurut siswa, guru belum menerapkan kompetensi pedagogik yang dimiliki dan begitu juga dengan siswa yang masih banyak memiliki kebiasaan belajar yang kurang baik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasi kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X bagian Bisnis Manajemen SMK Negeri 2 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016 berjumlah 272 orang. Teknik penarikan sampel dengan proposional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 162 orang. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif dan analisis induktif serta uji hipotesis dengan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dengan nilai semester dalam mata pelajaran kelas X SMK Negeri 2 Padang dengan tingkat hubungan 0,428, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan nilai semester dalam mata pelajaran pengantar akuntansi dan keuangan kelas X SMK Negeri 2 Padang dengan tingkat hubungan 0,248, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kebiasaan belajar secara bersama-sama dengan nilai semester dalam mata pelajaran kelas X SMK Negeri 2 Padang dengan tingkat hubungan 0,443. Berdasarkan hasil penelitian di atas disarankan kepada guru untuk lebih bisa menerapkan kompetensi pedagogik yang telah dimiliki terutama pada penerapan teori belajar dan prinsipprinsip pembelajaran, begitu juga dengan siswa disarankan agar siswa dapat menerapkan kebiasaan belajar yang lebih baik lagi agar nilai semester siswa dapat meningkat secara optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:30
Last Modified: 27 Sep 2018 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17633

Actions (login required)

View Item View Item