Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII di SMKN 2 Pariaman

Kahiruddin, Misra (2016) Pengaruh Latar Belakang Ekonomi Keluarga dan Hasil Belajar Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII di SMKN 2 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MISRA_KAHIRUDDIN_1107649_2016.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar : (1) Pengaruh latar belakang ekonomi keluarga terhadap hasil belajar kewirausahaan. (2) Pengaruh latar belakang ekonomi keluarga terhadap minat berwirausaha (3) Pengaruh hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (4) pengaruh latar belakang ekonomi keluarga dan hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dan asosiatif. Penelitian ini dilakukan di SMKN 2 Pariaman pada bulan Desember 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII di SMKN 2 Pariaman. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Slovin, Teknik pengambilan sampel penelitian adalah propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 182 orang siswa. Sebelum digunakan untuk memperoleh data, angket diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Untuk menguji hipotesis digunakan Uji t yang dianalisis secara statistik dengan menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang ekonomi keluarga terhadap hasil belajar kewirausahaa. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang ekonomi terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMKN 2 Pariaman. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XII di SMKN 2 Pariaman. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan antara latar belakang ekonomi keluarga dan hasil belajar kewirausahaa terhadap minat berwirausaha pada siswa kelas XII di SMKN 2 Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:30
Last Modified: 27 Sep 2018 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17629

Actions (login required)

View Item View Item