Efektifitas Penggunaan Kolaborasi Model Pembelajaran Make a Match dengan Number Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial

Napitupulu, Iwan Y. (2018) Efektifitas Penggunaan Kolaborasi Model Pembelajaran Make a Match dengan Number Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Ilmu Sosial. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IWAN_Y.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuaan kolaborasi model pembelajaran Make a Match dengan Number Heads Together dengan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah dan tanya jawab, dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan kolaborasi model pembelajaran Make a Match dengan Number Heads Together dilihat dari hasil belajar siswa kelas XI IS pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian jenis eksperimen semu, dengan menggunakan control group post test only design. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling, untuk memilih kelas eksperimen dan kelas konrol dilakukan secara random. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Pembangunan Laboratorium UNP sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 2 di SMA Pertiwi 1 Padang sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji Z) terhadap kedua sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuan kolaborasi model pembelajaran Make a Match dengan Number Heads Together (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa yang diajari dengan metode ceramah dan tanya jawab (kelas kontrol). Hal ini dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan kelas kedua sampel. Kelas eksperimen memiliki rata-rata 83,12 dan persentase ketuntasan kelasnya 77,41%, sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 74,48 dan persentase ketuntasan kelasnya 36,36%. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis didapat nilai Zhitung sebesar 2,27, sedangkan untuk Ztabel = 1,96. Dengan demikian Zhitung > Ztabel, maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diberi perlakuaan kolaborasi model pembelajaran Make a Match dengan Number Heads Together dengan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan metode ceramah dan tanya jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:30
Last Modified: 27 Sep 2018 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17627

Actions (login required)

View Item View Item