Analisis Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial dan Kepribadian Mahasiswa PPG SM-3T Angkatan IV Universitas Negeri Padang

Raynaldi, Ivan (2018) Analisis Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial dan Kepribadian Mahasiswa PPG SM-3T Angkatan IV Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_IVAN_RAYNALDI_1307030_5257_2016.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Nilai masing-masing kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian mahasiswa PPG SM-3T Angkatan IV (2) Upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan masing-masing kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian mahasiswa PPG SM-3T Angkatan IV Universitas Negeri Padang Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPG SM-3T Angkatan IV Universitas Negeri Padang yang berjumlah 164 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang didapat dalam penelitian dan memberikan upaya dalam meningkatkan masing-masing kompetensi guru yang dimiliki oleh mahasiswa PPG SM-3T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru yang dimiliki oleh mahasiswa PPG SM-3T Angkatan IV Universitas Negeri Padang sudah cukup baik, tapi perlu ditingkatkan lagi. Adapun upaya-upaya yang harus dilakukan dalam meningkatkan kompetensi guru yang dimiliki oleh mahasiswa PPG SM-3T Angkatan IV Universitas Negeri Padang sebagai berikut (1) mengikuti pelatihan-pelatihan (2) mengikuti workshop (3) mengikuti seminar (4) memperbanyak ilmu pengetahuan yang luas (5) mengadakan kegiatan kerja bakti sosial dan kunjungan kemasyarakatan, dan (6) bersikap sesuai dengan norma hukum dan sosial. Karena pembentukan kompetensi guru tidak terlepas dari falsafah hidup, nilai-nilai yang berkembang di tempat guru berada maka berdasarkan hasil penelitian saran yang penulis berikan kepada mahasiswa PPG SM-3T angkatan berikutnya untuk meningkatkan kompetensi sosial dan kepribadiannya dalam bentuk interaksi dengan murid, orang tua, teman sejawat dan masyarakat dalam bentuk kegiatan kerja bakti sosial, kunjungan kemasyarakatan dan bertindak dan bersikap sesuai dengan norma hukum dan sosial. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional melalui pelatihan-pelatihan, seminar dan workshop. Kepada pengelola PPG SM-3T Universitas Negeri Padang dapat membuat program atau kurikulum terintegrasi pada workshop untuk pengembangan softskill mahasiswa PPG SM-3T Universitas Negeri Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:30
Last Modified: 27 Sep 2018 08:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17625

Actions (login required)

View Item View Item