Korelasi Antara Penguasaan Tata Bahasa (Bunpou) dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang (Hanasu Koto) Siswa Kelas X MIA 7 SMA Negeri 10 Padang Tahun Ajaran m2016/2017

Desti, Liana (2018) Korelasi Antara Penguasaan Tata Bahasa (Bunpou) dengan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang (Hanasu Koto) Siswa Kelas X MIA 7 SMA Negeri 10 Padang Tahun Ajaran m2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_LIANA_DESTI_1305560_403_2018.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan tata bahasa (bunpou) dengan kemampuan berbicara bahasa Jepang (hanasu koto) siswa kelas X Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 7 SMA Negeri 10 Padang. Desain penelitian ini adalah desain korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA SMA Negeri 10 Padang yang belajar bahasa Jepang yaitu, kelas X MIA 6, X MIA 7, dan X MIA 8. Jumlah total populasi adalah 94 orang . Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIA 7 yang berjumlah 30 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan 2 tes, yaitu tes objektif pilihan ganda untuk penguasaan bunpou siswa dan tes unjuk kerja untuk kemampuan hanasu koto siswa. Ada tiga rumusan masalah yang harus dijawab pada penelitian ini, yaitu: Pertama, penguasaan bunpou siswa. Kedua, kemampuan hanasu koto siswa. Ketiga, korelasi penguasaan bunkei dengan kemampuaan hanasu koto. Hasil dari rumusan masalah pertama adalah skor penguasaan bunpou siswa berada pada kualifikasi tuntas dengan skor 84,11. Hasil dari rumusan masalah kedua adalah kemampuan hanasu koto siswa berada pada kualifikasi tuntas dengan skor 90,22. Hasil perhitungan rumusan masalah yang ketiga adalah nilai korelasi dari dua variabel; penguasaan bunpou dan kemampuan hanasu koto adalah 0,392. Hal ini membuktikan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada hubungan yang signifikan antara penguasaan bunpou dengan kemampuan hanasu koto siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:29
Last Modified: 27 Sep 2018 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item View Item