Perancangan Kampanye Kewaspadaan Bahaya Kanker Payudara Pada Remaja Putri dalam Media Motion Graphic

Jum’aini, Zulfa (2018) Perancangan Kampanye Kewaspadaan Bahaya Kanker Payudara Pada Remaja Putri dalam Media Motion Graphic. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_09_ZULFA_JUM'AINI_1301241_751_2018.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Iklan Layanan Masyarakat digunakan sebagai himbauan atau ajakan kepada masyarakat untuk melakukan atau menjauhi suatu tindakan yang bertujuan baik bagi masyarakat tersebut. Salah satu informasi yang disampaikan melalui iklan layanan masyarakat adalah kampanye sosial kewaspadaan bahaya kanker payudara. Kanker payudara adalah salah satu penyebab kematian pada wanita, kebanyakan disebabkan karena penderita datang pada stadium lanjut, dan gejala yang dirasakan tidak di anggap sebagai suatu kegawatan. Kurangnya perhatian remaja putri terhadap kanker payudara menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker payudara. Saatnya remaja putri peka dan memberikan perhatian khusus pada payudara agar terjadinya kanker payudara dapat dikurangi. Perancangan kampanye kewaspadaan bahaya kanker payudara pada remaja putri dalam media motion graphic ini, bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan remaja putri terhadap kanker payudara yang dilengkapi dengan ilustrasi, teks, warna, dan audio. Tujuan perancangan kampanye sosial ini diharapkan mampu membuat remaja putri peka dan memperhatikan gejala kanker payudara dari dini. Metodologi perancangan menggunakan SWOT, data didapatkan melalui wawancara dengan penderita kanker payudara, dan melalui literatur. Isi pesan verbal dalam motion graphic ini, disajikan dalam bentuk yang menarik. Penggunaan motion graphic mengandung audio dan visual yang bergerak sehingga menghilangkan kejenuhan audien ketika menyimak informasi pada kampanye sosial yang ditayangkan.Motion graphic akan ditayangkan melalui media sosial, youtube dan dikemas dalam disk disertai dengan desain cover disk dan label disk tersebut. Disamping motion graphic, agar penyampaian informasi lebih efektif maka juga ditunjang beberapa media pendukung berupa Xbanner, T-shirt, Poster, Stiker, Gantungan kunci, Pin dan Notebook.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:29
Last Modified: 27 Sep 2018 08:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17588

Actions (login required)

View Item View Item