Model Bermain Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autis

Iswar, Mega and Efrina, Elsa (2018) Model Bermain Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autis. In: Reorientation Of Special Education In Improving Inclusive Education Teaching and Learning Standard: Model Bermain Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Autis, 20 Januari 2018, Malaysia.

[img]
Preview
Text
2_2018_Karya Elsa Efrina.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangan yang komplek menyangkut mengalami gangguan perkembangan sosial, gangguan perkembangan komunikasi, dan memiliki gangguan keterlambatan untuk berimajinasi. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial bagi anak autis di Sekolah Dasar penyelenggara pendidikan inklusi di kota Padang. secara spesifik tujuan penelitian pada tahun pertama ini adalah untuk menganalisis data-data empirik tentang kemampuan dan hambatan anak autis dalam keterampilan sosial, pemahaman guru tentang karakteristik anak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yang berkaitan dengan kondisi objektif anak autis, selanjutnya penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian pengembangan (R & D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak autis mengalami kesulitan untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi baik dengan teman sebaya maupun guru. Demikian pula guru jarang melatih keterampilan sosial anak. Begitu pula orang tua ikut berperan dalam membantu meningkatkan keterampilan sosial anak autis baik. Berdasarkan hal ini peneliti menyusun model bermain peran dalam meningkatkan keterampilan sosial anak autis yang berisikan a.Rasional, b.Konseptualisasi c.Permasalahan dan Perkembnagan anak Autis, d.Visi, e.Misi, f.Tujuan, g.Kedudukan, h.Ruang lingkup Materi, i.Sasaran, j.Evaluasi, k.Materi bermain peran dan l. Model/langkah yang digunakan untuk bermain peran. Diharapkan guru mampu melaksanakan dan menerapkan model ini dalam rangka membantu meningkatkan keterampilan sosial anak autis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:15
Last Modified: 27 Sep 2018 01:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item View Item